jump to navigation

FAQ

1. Perkosakata? Apa sih itu?

Perkosakata merupakan kegiatan kepenulisan yang berawal dari rencana acara ajang temu dan kumpul komunitas penulis amatir online Indonesia. Komunitas ini bernama KEMUDIAN dan kerap bersenang-senang di situs kemudian.com.

Perkosakata yang diadakan untuk keduakalinya di Jakarta ini meneruskan semangat Perkosakata 2008 lalu untuk mengusung misi meningkatkan mutu kualitas penulis di dalam komunitas dengan melibatkan banyak penulis profesional dalam rangkaian acaranya.

2. Kapan acara ini dilangsungkan?

Rangkaian acara Perkosakata 2009 terbagi atas kegiatan online dan offline serta berlangsung sejak awal bulan Februari mendatang hingga acara puncaknya yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2009.

3. Apa saja acara yang terangkai dalam Perkosakata 2009?

Acara Perkosakata 2009 terbagi dalam:

Dalam kegiatan ini, beberapa penulis pro akan diundang untuk meresensi beberapa karya berupa cerpen dan puisi yang telah masuk dalam Kemudian.com. Kegiatan ini berlangsung secara online dan akan dimulai pada awal Maret 2009.

Peserta diharapkan mengulas satu buah buku dari beberapa pilihan buku yang judulnya telah ditentukan oleh panitia. Buku dapat berupa fiksi atau non fiksi. Hasil ulasan dari setiap peserta selanjutnya akan dinilai oleh beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Ulasan yang dinyatakan terbaik berhak atas hadiah yang telah disediakan panitia dan akan dipresentasikan pada kegiatan Bedah Buku. Kegiatan ini berlangsung secara online dan akan dimulai pada 27 April 2009.

Beberapa judul buku, yang termasuk dalam kegiatan Ulas Buku secara online, akan diulas secara lebih mendalam oleh narasumber yang kompeten di bidangnya. Kegiatan ini berbentuk paparan singkat oleh narasumber dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara peserta dengan narasumber dan dipandu oleh moderator. Pada sesi terakhir kegiatan ini akan dibacakan ulasan terbaik dari peserta Ulas Buku.

Kegiatan ini adalah sesi kumpul bersama antara pegiat dan penikmat sastra secara umum untuk membahas permasalahan yang sesuai dengan tema Perkosakata2009. Pembahasan akan dilakukan oleh perwakilan narasumber dari berbagai pihak (penulis, penerbit, editor, dll) dalam bentuk diskusi interaktif yang dipandu oleh moderator. Hasil notulen kegiatan ini akan dijadikan dokumentasi yang nantinya akan dipublikasikan secara terbatas.

Kegiatan ini dikhususkan kepada anggota komunitas Kemudian untuk berdiskusi dan berbincang santai sambil mempererat tali silahturahmi.

4. Siapa saja yang boleh ikut serta dalam acara ini?

Perkosakata 2009 terbuka untuk anggota komunitas KEMUDIAN dan masyarakat umum. Penulis yang ingin ikut resensi, bisa memosting karyanya di situs kemudian.com tanpa dikenakan biaya.

5. Siapa yang menggagas Perkosakata?

Kopi darat KEMUDIAN bukan baru sekali diadakan tapi kemudianers yang tergabung dalam panitia perkosakata ini memiliki visi yang berbeda untuk mengembangkan komunitas.Kami menawarkan visi yang besar untuk KEMUDIAN di masa depan.

6. Mengapa ‘Perkosakata’?

‘Perkosakata’ diambil dari frase ‘perkosa’ dan ‘kosa kata’, diartikan sebagai upaya penulis bermain dengan kata-kata untuk membentuk makna. Sejauh mana kata-kata dipermainkan, tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Melalui acara perkosakata diharapkan penulis makin berani mengeksplorasi tulisan, juga memotivasi diri untuk beraksi dengan karya-karyanya.

7. Mengapa acara ini diadakan di Jakarta?

Perkosakata adalah acara terbesar yang diadakan oleh komunitas KEMUDIAN saat ini dan bertujuan untuk memperkenalkan komunitas ini kepada masyarakat luas. Maka, Jakarta sebagai ibukota adalah pilihan paling tepat untuk dijadikan lokasi kegiatan.

8. Apa perbedaan Perkosakata dengan kopidarat-kopidarat KEMUDIAN yang sudah-sudah?

Perkosakata tidak hanya menjadi ajang temu dan kumpul tapi menjadi ajang temu dan kumpul yang bisa menambah wawasan kepenulisan. Karena itu, lahir kegiatan-kegiatan Resensi Karya, Gathering, Ulas Buku, Travel Writing dan Bedah Buku, di mana panitia ikut melibatkan belasan penulis profesional di tiga bidang: puisi, prosa dan editing serta penerjemah.

9. Siapa saja penulis-penulis profesional yang berpartisipasi?

TS Pinang, Dino F. Umahuk, Winna Efendi, Fahmi Amrulloh, Andya Primanda, Wa Ode Wulan Ratna, M. Aan Mansyur, Adi Toha, Dedi T. Riyadi, Calvin Michel Sidjaja, Ika Natassa, Lisa Febriyanti, Inez Dikara, Primadonna Angela, Epri Tsaqib, Sapardi Djoko Damono, Yusi A. Pareanom.

10. Darimana dana penyelenggaraan acara ini didapatkan?

Dana untuk penyelenggaraan acara diperoleh dari pribadi atau badan hukum yang tertarik untuk ikut serta mendanai acara tersebut dengan sistem sponsorship. Sistem sponsorship terdiri dari paket-paket menguntungkan yang bebas dipilih oleh pihak calon sponsor.
Untuk menjamin terciptanya hubungan yang saling menguntungkan, panitia PERKOSAKATA 2009 akan menuangkan ketentuan yang mengatur masalah Pendanaan (Sponsorship) tersebut dalam bentuk Perjanjian.

Apabila anda tertarik untuk ikut serta dalam acara kami dan ingin melihat proposal PERKOSAKATA 2009 silahkan menghubungi perkosakata@kemudian.com

11. Bagaimana cara ikut serta dalam acara-acara Perkosakata?

12. Kapan dan di mana tepatnya saya bisa mendaftar untuk mengikuti acara ini?

Jika ada pertanyaan lain, silahkan email kami di perkosakata@kemudian.com dengan subject ‘TANYA’

Update terakhir: 8 Juni 2009

Comments»

1. panah hujan - March 25, 2009

berjejak kaki🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: