jump to navigation

Terus Berlanjut ;) April 14, 2009

Posted by perkosakata in Info.
trackback

Dear all,

Senin kemarin, salah satu kegiatan Perkosakata 2009, Berani diResensi, telah berakhir. Terima kasih untuk segala bentuk partisipasi dari Kemudianers, dan tentu saja, selamat bagi yang karyanya terpilih untuk diresensi oleh para penulis pro. Semoga dapat menjadi sebuah pembelajaran untuk karya berikutnya🙂

Lalu berikutnya apa, nih?

Masih ada lima kegiatan Perkosakata 2009 hingga akhir Juni 2009 nanti, yaitu:

  • Ulas Buku

Kegiatan yang berbentuk lomba ini adalah mengulas satu buah buku dari dua judul yang ditentukan oleh panitia (Perasan-perasaan yang Menyusun Sendiri Petualangannya dan Metropolis). Hasil ulasan dari setiap peserta selanjutnya akan dinilai oleh beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Ulasan yang dinyatakan terbaik berhak atas hadiah yang telah disediakan panitia.

  • Bedah Buku

Masing-masing buku dalam kegiatan Ulas Buku akan dibahas dalam dua (2) sesi yang berbeda (yang diselingi dengan coffee break). Pembahas adalah orang yang kompeten dalam dunia kepenulisan, bukan penulis buku yang diulas, bukan pula editor atau pihak penerbit dari buku yang diulas. Bedah buku itu akan disertai sedikit pembahasan dari pemenang lomba ulas buku. Pada acara ini akan diumumkan pemenang lomba ulas buku.

  • Travel Writing

Peserta akan diajak untuk mengunjungi sebuah tempat yang ditentukan oleh panitia dengan didampingi oleh seorang narasumber dan panitia. Selama perjalanan, peserta dipersilakan membuat catatan tentang apa yang dialami. Catatan tersebut akan dirangkai menjadi sebuah tulisan (fiksi atau non fiksi) atas bimbingan narasumber. Akan dipilih beberapa peserta untuk membacakan hasil karyanya, lalu akan diadakan diskusi santai bersama berdasarkan karya tersebut dan pengalaman menulis tadi.

  • Gathering

Kegiatan ini adalah sesi kumpul bersama antara pegiat dan penikmat sastra secara umum untuk membahas permasalahan dengan tema “Writing for Young People”. Pembahasan akan dilakukan oleh perwakilan narasumber dari berbagai pihak (penulis, penerbit, dan komunitas pembaca/ pemerhati buku) dalam bentuk diskusi interaktif yang dipandu oleh moderator.

  • Bincang K’ers

Kegiatan ini dikhususkan kepada anggota komunitas Kemudian untuk berdiskusi dan berbincang santai sambil mempererat tali silahturahmi.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: