jump to navigation

Resensi Puisi ‘Lukaku Terselip Di Kerudungmu, Nona’ April 13, 2009

Posted by perkosakata in Resensi Karya.
trackback

Oleh Inez Dikara

Lukaku Terselip Di Kerudungmu, Nona oleh 51-374

Menuliskan puisi adalah persoalan memilih citra atau lambang sebagai perumpamaan atas perasaan atau pikiran yang bergerak dalam kesadaran kita. Masing-masing perasaan memiliki intensitas yang berbeda-beda meski yang dirasakan adalah perasaan yang sama: kesedihan, misalnya. Oleh sebab itu lambang-lambang yang digunakan untuk ’golongan’ perasaan yang sama juga akan berbeda. Diperlukan perasaan dalam pemilihan citra. Tetapi dibutuhkan logika (pikiran) ketika penulis (penyair) dihadapi pada beberapa buah pilihan citra/lambang. Perlambang yang kemudian disusun dalam struktur yang tepat. Di mana terjadinya sebuah keselarasan antara logika, perasaan, dan imajinasi, agar dapat mengungkapkan pengalaman jiwa sebanyak-sejernih- dan sedalam mungkin. Puisi bukan perkara menulis kalimat-kalimat yang indah, tapi perkara menentukan atau memilih kata yang tepat yang benar-benar mewakili apa yang hendak disampaikan.

Membaca puisi ’Lukaku Terselip di Kerudungmu, Nona’ yang saya duga menceritakan tentang sebuah kesetiaan yang ternodai, saya menemukan ada kegagapan pada pengungkapan perasaan. Cenderung seperti ’meracau’. Pada bait pertama hingga bait ke-7 (terakhir), kalimat-kalimat yang bermakna menurut saya hanyalah:

Lukaku terselip di kerudungmu , nona. menanam benih duka.

Pada kalimat selanjutnya, saya tidak menemukan ada makna apapun selain hanya imaji-imaji yang tidak berlogika karena tidak memiliki keterkaitan dengan pengalaman/kesan sebelumnya. Citraan-citraan yang tidak mewakili apa yang ingin diungkapkan dan pemilihan-pemilihan perlambang yang tidak tepat.

Imajinasi memang bisa liar dan terbang ke mana-mana. Tapi imajinasi selalu berdasar dan punya pijakan pada kenyataan. Puisi adalah sebuah dunia. Dan layaknya sebuah dunia, ia punya nalar, punya aturan-aturannya sendiri. Sebagai penyair, kitalah yang harus menyusunnya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: