jump to navigation

Resensi Prosa ‘Senja Merah Jambu Untuk Pacarku’ April 13, 2009

Posted by perkosakata in Resensi Karya.
trackback

Oleh Ollie

Senja Merah Jambu Untuk Pacarku oleh on3th1ng

Judul ‘Senja Merah Jambu untuk Pacarku’ segera mengingatkan saya akan sebuah novel karya Seno Gumira Ajidarma yang berjudul mirip ‘Sepotong Senja untuk Pacarku’. Saya langsung tertarik untuk mengikuti cerita dalam cerpen ini.

Cerpen ini dibuka dengan ‘Sinar Matahari’ yang hampir menjadi typical gaya penulisan cerita Indonesia. Namun makna sinar matahari yang diusung penulis menjadi masuk akal dan berkembang sejalan dengan plot cerita.

Penulis kemudian memberikan perpaduan menarik antara daya imajinasinya yang tinggi tentang sebuah negeri dalam dunianya sendiri, dengan dunia yang sebenarnya kita tinggali. Seperti pada paragraf:

“Aku tertolong. Aku tidak akan kelaparan. Aku segera menghubungi restoran fast food yang menyediakan delivery order, lalu menyebutkan menu apa saja yang akan kupesan. Ketika aku ditanya akan diantar kemana pesananku, sejenak aku terdiam, memikirkan di mana aku sekarang.”

Konflik yang berusaha dibangun dalam novel ini beralur cepat hingga tiba-tiba pembaca sudah sampai di akhir cerita dan diajak sama-sama merenung, apakah benar, demi cinta kita bisa menjadi apa saja?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

