jump to navigation

Resensi Prosa ‘Sayang, Aku Menunggumu di Bulan’ April 13, 2009

Posted by ayuprameswary in Resensi Karya.
trackback

Oleh Primadonna Angela

Sayang, Aku Menunggumu di Bulan oleh on3th1ng

Nuansa fantasi dan absurditas terasa kental dalam cerita ini. Penulis seakan bermain-main dengan imajinasi pembaca, mencampuradukkan realitas dengan fantasi.

Dimulai dengan suami yang menerima SMS dari istrinya yang berkata dia sedang berada di bulan. Sulit untuk memercayai hal ini maka sang suami memilih untuk tidur sampai istrinya menelepon dan memintanya datang ke bulan.

Karya ini ganjil menurut saya, dan keanehannya karena seakan tidak ada logika yang menjelaskan mengapa para manusia seakan dibimbing untuk pergi ke bulan. Dan mengapa juga mendadak mereka dapat menumbuhkan sayap sesuai dengan persepsi orang yang mencintai mereka? Apakah bulan itu semacam surga? Bagaimana nasib orang yang sama sekali tidak bisa terbang? Apa ada layanan telepon di bulan sehingga istri bisa menulis SMS dan menelepon suaminya? Tidak dijelaskan di sini, dan penulis seakan berhemat kata dan memilih untuk tidak memberikan petunjuk pada pembaca apa yang menanti di bulan sana.

Ketiadaan logika yang membuat saya cukup menganggu juga dengan beberapa typo kecil (misal, “dimana” dan bukannya “di mana”) diimbangi dengan penuturan memikat dan membuat penasaran. Beberapa fakta kecil yang diselipkan (seperti saat tokoh bertemu karakter lain yang bersayap ganjil karena istrinya memanggilnya “kampret”) juga cukup menghibur. Andai saja penulis menyelipkan sedikit petunjuk mengenai berbagai keganjilan di atas, saya pikir karya ini akan jadi jauh lebih berkesan. Atau barangkali itulah yang ingin dicapai penulis—membebaskan imajinasi pembaca untuk mengisi sendiri titik-titik yang hilang.

Comments»

1. KD - April 14, 2009

kalau sudah membaca semua karya onething, peresensi mungkin bisa menafsirkan karya ini dengan lebih akurat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: